INFO BAHAN

Kamu ingin memesan produk di Dunia Garment? Sebelum memesan yuk kenali dulu berbagai bahan untuk produk fashion Kamu!

BAHAN KEMEJA KERJA

Bahan kemeja kerja tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan kamu. Tiap pekerjaan memiliki karakteristik seragam yang berbeda disesuaikan dengan waktu pemakaian dan kesan yang diinginkan saat memakai seragam atau kemeja kantor tersebut. Selain menerima pembuatan kemeja kantor berdasarkan bahan kain yang kamu inginkan, kami juga bisa menambahkan berbagai aplikasi pada kemeja kantor kamu. Misalnya bordir ataupun sablonan.

bahan untuk kemeja kerja

Kebanyakan perusahaan menggunakan kain bahan drill sebagai bahan untuk  seragam kantorrnya. Baik itu kemeja kerja, celana, maupun jaket. Sebelum kamu menentukkan ingin membuat kemeja kantor dengan bahan apa, yuk kenali dulu beberapa kain yang biasa digunakan untuk pembuatan seragam ini!

Bahan Drill pada umumnya sering digunakan untuk pembuatan seragam. Baik itu kemeja seragam, celana seragam, bahkan jas almamater. Dulu, bahan drill memiliki warna-warna bumi (Khaki), karenanya sering dipakai untuk seragam militer atau tentara karena memudahkan penyamaran saat perang.

Sementara itu kain American drill adalah kain drill yang biasa dibuat sebagai kemeja atau seragam kantor. Kain drill biasa juga disebut bahan katun ataupun polyester, karakternya yang mampu menyerap keringat membuat kain drill sangat diandalkan untuk pembuatan seragam yang notabene dipakai lebih dari 5 jam perhari. American drill memiliki tekstur yang bergaris-garis diagonal lembut namun juga berkesan kaku. Kain ini membuat seragam kemeja kerja terlihat lebih elegan dan kamu bisa terlihat profesional. Meskipun tebal, american drill tidak membuat orang yang memakainya kegerahan karena mampu menyerap keringat.

Kain Drill Tropical, yang lebih dikenal dengan Taipan Tropical merupakan salah satu kain drill yang terbuat dari Tetoron dan Katun sehingga memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi. Kain lembut yang juga tahan lama, serta tidak mudah pudar membuat Taipan Drill sering dijadikan bahan seragam kemeja kantor yang biasa dipakai lebih dari 8 jam.

Memiliki tekstur lentur dan juga tidak mudah kusut, Taipan Drill saat ini menjadi salah satu kain yang menjadi patokan bahan untuk membuat seragam kemeja kerja Dinas Pemerintahan karena dianggap memiliki kualitas terbaik dibanding kain drill yang lain.

Kain Japan Drill merupakan jenis kain drill yang memiliki serat paling besar. Meski memiliki ketebalan lebih besar dari jenis kain drill yang lain, Japan drill tetap nyaman dan adem saat digunakan. 

Japan drill juga saangat baik untuk pengaplikasian sablon, warnanya lebih cerah dan sablon akan lebih tahaan lama menempel pada bahan Japan drill ini. Perusahaan media dan perusahaan food and beverage adalah salah satu penggunaa japaan drill untuk seram kemeja kantornya. Japan driill juga biasa digunakan untuk setelan atas bawah, celana panjang, wearpack, dan seragam sekolah.

Nagata Drill adalah salah satu merek bahan kain yang terkenal dari jenis kain Japan drill. Kain dengan kualitas tinggi yang memiliki dimensi relatif stabil terhadap lipatan dan penyusutan

Kain twill memiliki permukaan berserat seperti kain drill hanya saja lebih tebal dari kain drill. Kain Twill yang ditenun dari serat wol memiliki tingkat kelenturan yang lebih besar dari kain drill. Kemampuannya mengunci warna membuatnya banyak dipakai untuk peembuuataan seragaam kerja kantor outdoor.

Kain Twill sendiri merupakan kain yang diproduksi oleh Negara china, dimana sering disebut sebagai katun jepang kw. Kualitas yang lumayan dengan harrga lebih miring membuatnyaa menjadi pilihan untuk kamu yang mamu membuat seragam kemeja kantor dengan kualitas baik dan harga terjangkau.

Bahan kain Twist memiliki permuukaan yang rata dan halus karena terbuat daari serat sintesis dan polyester.  Kain High Twist ini biasanya digunakan untuk pembuatan blazer, vest dan jaket parka. Kesan saat kamu memakai baju atau kemeja berbahan High Twist ini adalah sangat rapi. Dengan sedikit mengkilap, kain ini membuat seragam kantor kamu makin elegan.

Itulah beberapa kain rekomendasi kami untuk kamu jadikan bahan seragam kemeja kantor. Mana yang akan kamu pakai? Jika ingin konsultasikan kemeja kerja kamu cocoknya dengan bahan kain yang mana, jangan sungkan untuk hubungi kami di +62896-6826-8932 ya!

BAHAN JAS ALMAMATER

Bahan kain yang digunakan untuk jas almamater tidak jauh berbeda dari bahan untuk pembuatan kemeja kerja atau seragam kantor. Kebanyakan orang membuat jas almamater dengan japan drill atau american drill. Selain kedua bahan drill tersebut, adalagi bahan drill yang biasa di pakai untuk membuat jas almamater, yaitu Hisofy Drill.

bahan untuk membuat jas almamater

Sekilas Hisofy Drill tidak dapat dibedakan dengan Nagata Drill, apalagi jika sudah dicuci. Hisofy Drill bertekstur lebih lemas dan lembut karena bahan kain yang terbuat sari campuran katun dan polyester ini memiliki kurang lebih 50 warna. Selain kain drill, kamu juga bisa memilih bahan niagara atau lebih dikenal sebagai kain hugo boss untuk pembuatas jas. Jika ingin yang tak terlalu formal, jas almamater kamu juga bisa dibuat dengan bahan wedges. 

Itulah beberapa kain rekomendasi kami untuk kamu jadikan bahan pembuatan jas almamaer. Mana yang akan kamu pakai? Jika ingin konsultasikan bahan yang ingin kamu pakai untuk pembuatan jas almamater jangan sungkan untuk hubungi kami di +62896-6826-8932 ya!

BAHAN JAKET SWEATER

Sweater biasanya digunakan saat cuaca dingin, seiring dengan kemajuan fashion, sweater kini jadi salah satu fashion item yang sering digunakan dalam berbagai acara nonformal bahkan menjadi salah satu identitas beberapa komunitas.Ada beberapa bahan sweater yang paling populer digunakan. Sama seperti membuat kemeja seragam, bahan sweater juga harus disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

kain bahan untuk sweater dan jaket

Ada 3 jenis kain yang dipakai untuk pembuatan sweater, yaitu Fleece, Terrry, dan Wool. Apa perbedaan ketiga kain tersebut?

Pada umumnya kain Fleece adalah kain yang berbulu dengan tampilan menyerupai benang wool. Terbuat dari campuran cotton dan wool, kain fleece memiliki bulu halus. Meski bersifat hangat, kain ini tidak membuat gerah pemakainya. Kain fleece juga memiliki berbagai jenis. Diantaranya:

Bahan Cotton Fleece terbuat dari campuran cotton lebih banyak dari polyesternya sehingga bertekstur paling lembut daripada kain fleece yang lain. 

Berbanding terbalik dengan Cotton Fleece, kain Polyester Fleece memiliki kandungan polyester yang lebiih banyak di banding cottonnya. Teksturnya lebih kaku dan tampilannya tampak lebih mengkilat daripada cotton fleece.

Jenis kain CVC fleece adalah bahan yang terdiri 55% cotton combad dan 45% viscose. Tingkat susut polanya lebih kecil dari bahan katun biasa dan lebih menyerap keringat.

Jenis kain polar fleece adalah bahan yang terbuat dari polyster, katun, viscose dan serat sintetik lainnya. Polar fleece maampu memberikan sirkkulasi udara yang baik namun sangat rreendah dallam menyerap keringat.

Salah satu kain yang sering dipakai untuk bahan sweater, khususnya sweater anak adalah Baby Terry. Seperti namanya, bahan ini memang sanagat lembut dan cocok untuk anak-anak. Terbuat darai serat kapan, baby terry memiliki kelembutan dan kehangatan yang nyaman, bahkan cocok untuk kulit sensitif. Selain itu bahan baby terry juga lebih ringan dibanding bahan sweater lainnya.

Ketiga, kain wool. Kain wool merupakai kain yang awet karena terbuat dari berbagai serat dan tumpukan lemak, polimer protein asam amino, kalsium serta sodium dari bulu hewan seperti domba. Jika kamu membuat jaket atau sweater dari bahan kain wol, kamu harus berhati-hati karena jika terkena noda, kain wol ini akan sulit diberesihkan, bahkan jika dicuci dengan cara yang salah, kain wol akan menyusut.

Itulah beberapa kain rekomendasi kami untuk kamu jadikan bahan sweater. Mana yang akan kamu pakai? Jika ingin konsultasikan bahan yang ingin kamu pakai untuk pembuatan sweater jangan sungkan untuk hubungi kami di +62896-6826-8932 ya!

BAHAN KAOS

Umumnya kain yang digunakan untuk membuat kaos adalah bahan Cotton Combed. Selain karena bahannya yang nyaman digunakan, cotton combed memilliki harga yang terjangkau. Namun jika kamu ingin membuat kaos, yuk temukan dulu kain apa yang sesuai untuk kaos yang akan kamu produksi?

garment kaos bandung

Biasanya kita sering melihat penjual kaos yang menuliskan cotton pada bahan yang dipakai untuk membuat kaosnya. Nyatanya, ada banyak jenis kain cotton, seperti cotton carded, cotton combed, dan cotton bamboo. Semua kain ini memang nyaman digunakan untuk dijadikan kaos. Namun terdapat perbedaan yang mendasar. Apa saja?

Bahan kaos Cotton Carded merupakan bahan kaos dengan jenis rajutan single knit, dibuat dengan komposisi 100% serat cotton atau kapas. Bahan Carded memiliki tesktur kurang halus dibandingkan combed dan tidak rata tapi masih mampu menyerap keringat dengan baik. 

Bahan kaos Cotton Combed addalah bahan kaos paling populer yang digunakan Distro atau factory outlet. Terdapat 3 pilihan cotton combed yang biasanya dipakai, yaitu Cotton Combed 20s, 24s, dan 30s. Perbedaan ketiganya adalah pada gramasi dan ketebalan. Makin besar angkanya, makin tipis bahannya.

Cotton Bamboo merupakan salah satu bahan kaos yang sedang naik daun saat ini, karena terbuat dari serat bambu yang memiliki banyak keunggulan dan bahkan dianggap mampu menyehatkan seperti anti bakteri, anti bau ketiak, anti listrik statis, dan tentunya ramah lingkungan karena terbuat dari material alami.

Bahan ini juga sangat lembut, kuat, serta elastik dan adem saat dikenakan, dan juga lebih baik dibandingkan bahan cotton combed meskipun memang harganya lebih mahal dibandingkan bahan yang umum lainnya.

Tidak hanya untuk pakaian saja, katun bambu ini pun digunakan untuk kebutuhan lainnya yang salah satunya adalah kaos kaki, yang apabila memakai bahan ini akan dapat menjadikan poenggunanya terhindar dari bau kaki yang mengganggu karena sifat bahannya yang anti bakteri.

Selain ketiga jenis kain cotton tadi, masih ada beberapa jenis kain yang juga sering digunakkan untuk bahan kaos. Diantaraanya:

Bahan kaos Polyester lebih sering dijadikan bahan untuk kaos olah raga. Kain Polyester merupakan bahan yang terbuat dari serat sintetis, dihasilkan dari unsur minyak bumi, sehingga bahan ini memiliki nilai plus pada kekuatannya.

Kaos yang terbuat dari bahan Polyester tidak mudah berkerut, tahan terhadap kuman, tahan air, dan cepat kering saat setelah dicuci. Itu lah alasan mengapa banyak jersey atlet olahraga terbuat dari bahan polyester.

Bahan lycra sering disebut juga sebagai bahan spandex yang sangat lentur dan halus permukaannya, serta nyaman untuk digunakan sehingga sangat umum dijadikan sebagai bahan untuk seragam atlet, seperti atlet sepeda, dan sering juga dikombinasikan dengan katun untuk memproduksi bra dan pakaian dalam.

Meskipun tergolong bahan sintetis dan tidak alami, kelenturan dan kenyamanan kain spandex menjadikan bahan yang satu ini sangat digemari oleh banyak orang di dunia.

Viscose, orang lebih umum menyebutnya sebagai  rayon, yakni bahan serat sintesa celulosa organic (buatan manusia) yang biasa digunakan sebagai bahan kain. Teksturnya  hamper mirip dengan tekstur kapas. Viscose biasanya digunakan untuk menambahkan kenyamanan pada serat sintesis dan juga menambah kecerahan warna. Serat Viscose mempunyai tahanan kelembaban yang lebih tinggi, kecemerlangan warna yang lebih baik dan lebih lembut dibandingkan  kapas. Karena jenis bahan kaos ini  terkesan mewah maka harganya mahal dan jarang tersedia di pasaran.

Bahan Pique sering disebut sebagai kain Lacoste, karena memang biasanya kain Pique ini digunakan untuk pembuatan kaos wangki atau kaos berkerah. Terdapat dua jenis corak rajut pique, yaitu jenis corak Pique Hexagon dan yang kedua adalah jenis corak Pique Diamond.

Perbedaannya adalah corak Hexagon berbentuk seperti segienam sedangkan corak Pique Diamond berbentuk seperti belah ketupat atau segiempat atau seperti permata (diamond).

Bahan kaos hyget adaalah bahan paling murah. Terbuat dari serat sintesis yang banyak, membuat kain hyget sangat tipis dan panas saat dipakai. 

Wah ternyata banyak juga ya jenis kain yang bisa kita gunakan uuntuk bahann pembuatan kaos. Kamu mau membuat kaos seragam untuk kantor? Kaos untuk Family gathering, atau mau membuat kaos untuk brand kamu sendiri? Yuk konsultasikan pada kami di di +62896-6826-8932 ! Kamu jug bisa menambahkan sablon maupun aplikasi bordir pada kaos yang akan kamu buat lho!

BAHAN CELANA

Bahan yang dipakai untuk membuat celana tentunya harus disesuaikan dengan fungsi dan tujuan celana yang akan kita pakai. Biasanya celana seragam kantor dibuat dari bahan drill. Sementara untuk celana sehari-hari terbuat dari bahan denim. 

BAHAN UNTUK MEMBUAT CELANA

Agar tidak salah memilih bahan celana yang akan kamu gunakan, Yuk kenali terlebih dahulu bahan yang dipakai untuk membuat celana berikut ini!

Kain twill memiliki permukaan berserat seperti kain drill hanya saja lebih tebal dari kain drill. Kain Twill yang ditenun dari serat wol memiliki tingkat kelenturan yang lebih besar dari kain drill. Kemampuannya mengunci warna membuatnya banyak dipakai untuk pembuatan seragaam celana outdoor.

Kain Twill sendiri merupakan kain yang diproduksi oleh Negara china, dimana sering disebut sebagai katun jepang kw. Kualitas yang lumayan dengan harrga lebih miring membuatnyaa menjadi pilihan untuk kamu yang mamu membuat seragam kemeja kantor dengan kualitas baik dan harga terjangkau.

Kain yang juga masih termasuk jenis kain Twill ini, biasanya dipakai sebagai bahan pembuatan celana chino. Bahannya ringan namun tebal dan dapat melar.

Kain denim mungkin sudah tidak terdengar asing untuk kamu. Kain ini memang sangat ppopuler dipakai sebagai bahan celana jeans. Bahkan  banyak yang menyebut kain denim adaalah kain jeaans. Tak hanya dijadikan bahan celana, kain denim juga sering digunakn untuk pembuataan rok, jaket, dan vest.

Kain Korduroi adalaah kaiin yang memiliki polla garis verrtikal. Terbuat dari katun dan campuraan bahan lainnnya, korduroi juga dikenal dengan kata corduroy. 

Kain korduroi memiliki tekstur yang lembut, tidak kasar, awet, dan telah digunakan oleh masyarakat dari berbagai kelas selama dua abad. Dulunya, kain ini digunakan terutama untuk pakaian kerja dan olahraga bagi kaum pria. Sekarang kain korduroi banyak digunakan untuk membuat celana, kemeja, rok, pakaian, topi, gaun, jaket, mainan dan soft furnishing.

Kain bercorak kotak-kotak ini sering kita jumpai pada celana militer, tas, mapun sepatu. Proses tenun bahan campuran bersama nilon, membuat bahan ripstop menjadi bahan yang kuat, tahan air, tidak mudah robek dan jika robek, robekannya tidak mudah menyebar.

Bahan halus, ringan, dan sedikit mengkilat ini sangat cocok dijadikan celana formal. Selain itu kain lentur ini memiliki kesan mewah, sehingga pas jika dipakai sebagai bahan celana untuk gala dinner maupun outfit pesta. Kebanyakan orang memakai kain thaisilk sebagai bahan pembuatan celana kulot..

Sudah terbayang celana apa yang akan kamu buat? Yuk konsultasikan pembuatan celana kamu bersama kami di +62896-6826-8932 !

Dunia Garment © 2020

Open chat
Untuk Inofrmasi Pemesanan, Klik Disini!